Awal Mula Dibangunnya Hotel Kapsul

Awal Mula Dibangunnya Hotel Kapsul
Kabar Gram. Penginapan menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan ketika ingin melakukan perjalanan. Saat mencari penginapan, bukan hanya dilihat dari tempatnya saja yang nyaman, tapi ada juga hal yang tak kalah penting yaitu harga.

Hal ini umum dijadikan pertimbangan, demi menekan anggaran biaya perjalanan. Mengingat salah satu komponen pengeluaran terbesar saat traveling adalah penginapan.

Tidak usah heran kini wisatawan mulai beralih ke beberapa penginapan murah. Salah satu yang bisa jadi pilihan adalah hotel kapsul. Hotel kapsul belakangan ini menjadi tren di kalangan wisatawan lantaran harganya yang murah dibanding dengan tarif hotel atau hotel bintang dua.

Hotel ini tidak akan mengocek kantong anda terlalu dalam, hotel ini juga punya desain yang unik, karena didesain  dengan tipe kamar bentuk kapsul bertumpuk, sehingga dapat memuat banyak orang di dalam satu ruangan.

Jika beberapa negara membangun hotel kapsul untuk membantu para wisatawan mendapatkan penginapan murah dan praktis, namun tidak demikian di negara pencetus konsep hotel kapsul, yakni Jepang.

General Manager dan Owner dari Kini Capsule Hotel, Miranda Haryanto kepada awak media menjelaskan, bahwa ide membangun hotel kapsul ini bermula dari mahalnya ongkos pulang para pekerja di Jepang ketika mereka lembur hingga malam.

“Orang-orang yang telat pulang kantor karena lembur mau ke rumah lebih mahal ongkosnya ketimbang nginep di hotel, melihat fenomena itu akhirnya beberap pengusaha ini membuat hotel kapsul,” ucap dia saat ditemui di Kini Capsule Hotel Pluit Jakarta Utara

Dia menjelaskan, para pekerja itu memilih untuk tinggal di hotel kapsul karena alasan praktis, lantaran seusai lembur kerja bisa langsung tidur kemudian pada pagi harinya bangun kemudian cuci muka dan kembali ke kantornya.

Setelah cukup sukses, hotel serupa pun dibangun di beberapa kota besar di Jepang. Dan kemudian beberapa kota di Asia dan Eropa mengadopsi konsep tersebut tidak terkecuali di Indonesia.

Hotel kapsul di Indonesia ini baru populer di tahun 2006 dan lebih banyak menarik perhatian para backpacker dan solo traveler untuk menghemat biaya penginapan.

Di sisi lain, Trip Review Marvin Sulistio menjelaskan, bahwa hotel kapsul ini menjadi populer di kalangan wisatawan Indonesia lantaran desainnya yang unik dan eyecatching sehingga bisa diabadikan dan diunggah di akun media sosial pribadi mereka.

“Tren traveling lebih kepada cari spot yang bisa difoto dan dishare di Instagram, selain itu yang kedua cari yang praktis,” ungkapnya.

Selain itu hotel tipe ini begitu populer di kalangan wisatawan lantaran harga yang ditawarkan serta alasan privasi. “Traveler kita itu sukanya yang praktis dan privasi. Kalau mau privasi pasti harga yang ditawarkan mahal, hotel kapsul seperti ini bisa jadi win win solution,” ujar dia.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Makepung, Tradisi Unik Yang Ada di Indonesia

5 Cara Memilih Celana Panjang Sesuai Bentuk Tubuh

Pengguna Internet Aktif Di Indonesia Potensi Besar Berkembangnya Ekonomi Digital